Selasa, 23 Maret 2010

Kalsium Untuk Tulang Anda

Asupan kalsium masyarakat Indonesia rata-rata sangat rendah. Untuk itu harus diperhatikan makanan yang kita makan jangan sampai mengambil simpanan kalsium yang ada di dalam tulang kita.

Beberapa jenis makanan dikenal dapat meperbesar resiko osteoporosis, diantaranya :
1. makanan yang kaya akan natrium
makanan kaya akan natrium biasaya adalah makanan asin. Dengan kadar asin yang tinggi akan meningkatkan pembuangan kalsium melalui urine. Oleh karena itu sebaiknya hindarilah juga makanan olahan seperti ikan asin, telur asin atau sayur asin. Kandungan natrium tinggi biasanya juga terdapat pada makanan kaleng.

2. kopi, ternyata kandungan kafein di dalam kopi dapat memperlambat proses penyerapan kalsium di dalam usus halus. Jadi sangat dianjurkan untuk mengurangi minum kopi.

3. Makanan hewani.
Mengkonsumsi makanan hewani secara berlebihan akan meningkatkan kadar asam dalam darah, sehingga menurunkan daya serap tubuh terhadap kalsium. Sedangkan untuk dapat menyerap kalsium dengan maksimal dibutuhkan kadar asam darah yang rendah. Oleh karena itu kurangilah mengkonsumsi makanan hewani atau daging-dagingan.

4. Minuman beralkohol dan minuman ringan (soft drink)
Karena mengandung kadar fosfor yang tinggi dengan kadar kalsium yang tinggi.

Beberapa makanan sumber kalsium antara lain : susu, yogurt, kacang-kacangan, dan sayuran daun hijau

2 komentar:

rematik mengatakan...

kekurangan kalsium dapat menyebabkan terjadinya pengapuran atau osteoporosis. salah satu solusi adalah mengurangi konsumsi daging, karena sifat asamnya yang tinggi.dan perbanyak buah dan sayuran karena bersifat basa.

http://www.spicyhotline.com

http://premiumbeautifulcorset.blogspot.com/ mengatakan...

http://premiumbeautifulcorset.blogspot.com/

Posting Komentar